Program Cek Kesehatan (CEKAS) Manjur

Program CEKAS MANJUR ( Cek Kasehatan Masyarakat Cianjur ) yaitu suatu program deteksi dini komprehensip terhadap penyakit tidak menular yang dilakukan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan untuk mendekatkan akses terhadap masyarakat dengan sasaran layanan yaitu kepada :
  1.  Aparatur Sipil Negara di Wilayah Kabupaten Cianjur
  2. Seluruh Masyarakat berusia ≥15 tahun melakukan deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular paling sedikit 1 kali dalam setahun;
  3. Untuk populasi berisiko atau usia ≥ 40 tahun, deteksi dini paling sedikit dilakukan 6 bulan sekali.
Adapun pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan melalui strategi :
1. Advokasi dan kemitraan
2. Promosi Kesehatan dan Penurunan Faktor Risiko
3. Penguatan Sistem Pelayanan Kesehatan Dengan Langkah Aksi yang dilakukan :
  • Mengembangkan Program Cek Kesehatan (CEKAS) dengan fitur terbaru
  • Menetapkan jumlah target sasaran Skrining atau yang akan mendapatkan Pelayanan Kesehatan diwilayah Kabupaten Cianjur.
  • Menetapkan Pelayanan Cek Kesehatan harus dilakukan oleh Masyarakat di Kabupaten Cianjur.
  • Menjalin Kerjasama Dengan Lintas Sektor, Pemerintah dan Swasta.
  • Sosialisasi pada Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Cianjur
  • Pengelola Program Puskesmas bersama Kader menetapkan jadwal kegiatan Posbindu dan mensosialisasikannya kepada masyarakat.
  • Memastikan ketersediaan bahan habis pakai.
  • Memastikan pencatatan dan pelaporan deteksi dini faktor risiko PTM melalui CEKAS dapat terintegrasi /dimasukan kedalam laporan SIPTM/ASIK
  • Dinas Kesehatan melakukan monev dan bimtek berkala ke Puskesmas.
Tahapan Pelaksanaan Inovasi CEKAS MANJUR dari Juni s.d Desember 2022: 1. Rancangan Inovasi 2. Pembentukan Tim Efektif 3. Sosialisasi Aplikasi Inovasi CEKAS MANJUR pada Tim Efektif 4. Launching Inovasi CEKAS MANJUR 5. Sosialisasi Aplikasi dan Pelatihan Inovasi CEKAS MANJUR Pada pengelola program PTM dan Tenaga IT Puskesmas. 6. Pelaksanaan On Job Training Inovasi CEKAS MANJUR bagi Programer Puskesmas di OPD. 7.Pelaksanaan Inovasi CEKAS MANJUR Pada seluruh Puskesmas di wilayah Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur.

Apresiasi / Penghargaan yang diperoleh untuk Inovasi CEKAS MANJUR yaitu :
  • Penghargaan Lulusan terbaik ke -4 Diklat /Pelatihan kepemimpinan Nasional dengan Proyek Perubahan Strategi Pencapaian SPM Bidang Kesehatan di Kabupaten Cianjur melalui Inovasi CEKAS MANJUR. Inovasi CEKAS MANJUR dilaksanakan dengan menggunakan Aplikasi dalam penginputan data Pelayanan yang diakses oleh Tim Cekas/ tenaga kesehatan melalui LInk Tautan : http://cekas.cianjurkab.go.id/cekas-manjur/login Dan hasil dari Pelayanan/pemeriksaan bisa di akses oleh masyarakat dengan Aplikasi CEKAS MANJUR melalui Google Playstore.
« Berita Lainnya